Kamis, 23 Januari 2014

5 Manfaat Utama membaca Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah Wahyu dari Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril yang menjadi pedoman bagi seluruh umat manusia. Jika suatu buku mempunyai nilai yang sangat berharga dan bermanfaaat, maka Al-Qur'an banyak memiliki manfaat dan menjadi tuntunan hidup serta pedoman dan pegangan manusia.


Umat muslim wajib menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman dan pegangan hidup guna menunjukkan kepada jalan kebaikan dan kebenaran. Selain itu berpegang teguh pada Al-Qur'an guna menyelamatkan kita di dunia maupun di akhirat.

Al-Qur'an memiliki keistimewaan bagi setiap orang yang membacanya, bahkan dalam sabda Rasulullah SAW yang bunyinya : " Ibadah yang paling istimewa adalah membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari" Keistimewaan Al-Qur'an mampu membuat hidup manusia menjadi nyaman dan tentram.


Selain itu, banyak juga hikmah yang bisa didapat oleh orang-orang yang membaca Al-Qur'an. Berikut 5 manfaat utama membaca Al-Qur'an :

1. Mendapat Pahala Yang sangat banyak.
Satu huruf di dalam Al-Qur'an diberi balasan dengan sepuluh kebaikan sebagaimana diriwayatkan oleh imam At-Tarmidzi dalam sebuah hadits Rasulullah SAW. Menurut sebuah literatur, huruf dalam Al-Qur'an terdapat 325.015. Seseorang yang satu kali khatam Al-Qur'an bisa mendapatkan nilai pahala kebaikan kelipatan sepuluh yaitu 3.250.150 Untuk mendapatkan itu, namun kita harus sering-sering membacanya.

2. Mengangkat derajat 
Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Al-Qur'an, mempelajari isi kandungannya, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketahuilah bahwa orang-orang yang sering membaca Al-Qur'an itu berarti selalu dekat dengan Allah. Bahkan, membaca Al-Qur'an merupakan bercakap-cakap dengan Allah SWT.

3. Mendapatkan Ketenangan Jiwa 
Setiap ayat Al-Qur'an yang dibaca akan mendatangkan ketenangan dan ketentraman. Sebagaimana yang diterangkan dalam Surat Al-Isra' ayat 82 "Al-Qur'an diturunkan Allah SWT menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan sehingga para pembaca Al-Qur'an, bahkan orang yang mendengarkan bacaannya mendapatkan ketenangan jiwa".

4.Mendapatkan Pertolongan di hari Kiamat
Hadits Rasulullah yang diriwayatkan Imam Muslim, " Bacalah Al-Qur'an oleh kamu sekalian, karena bacaan Al-Qur'an yang dibaca ketika hidup didunia ini akan menjadi syarat atau penolong bagi para pembacanya dihari Kiamat nanti". Untuk itu, mari kita perbanyak membaca Al-Qur'an ketika kita masih mampu membacanya agar mendapat pertolongan di hari Kiamat nanti.

5. Terbebas dari Aduan Rasulullah SAW 
Manfaat utama yang kelima adalah terbebas dari aduan Rasulullah SAW pada saat kiamat nanti. Dimana ada beberapa manusia yang diadukan Rasulullah SAW pada hari akhir Kiamat di hadapan Allah SWT.

Itulah manfaat utama membaca Al-Qur'an. Jadi, mulai saat ini mari kita memperbanyak membaca Al-Qur'an. Jika Kita masih mampu, maka mari kita memperdalam segala ajaran yang diperintahkan oleh Allah SWT.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar