Minggu, 04 Oktober 2015

Perbedaan Sunni Vs Syiah

Syiah dengan Sunni bukan hanya perbedaan dalam furuiyyah, akan tetapi sudah ke dalam ranah ushuliyyah, buktinya adalah dengan kepercayaan terhadap Imamahnya. Teologi imamah nya yang bukan hanya sekedar percaya pada kepemimpinan Imam, tapi keyakinan status Imam yang sangat tinggi, bukan hanya tinggi saja tapi juga suci dan memiliki otoritatif yang sangat tinggi serta pemilik dunia dengan seisinya.
Dalam buku al-Kafi disebutkan:
" Mereka (para imam) akan menyebutkan dunia ini kepada siapa yang dikehendaki dan mencabutnya dari siapa yang dikehendakinya".
Padahal dalam al-Qur'an sudah jelas dlm surat al-A'raf 128 bahwa semua yang ada didunia dgn isinya adalah milik Allah.

Bahkan syiah juga mempunyai konsep Bada', para imam memperkenalkan sifat-sifat Allah yang tidak terdapat pada al-Qur'an dimana sifat Allah yang baru mengetahui sesuatu jika sesuatu itu telah terjadi, sedangkan para Imam Syiah sudah tahu lebih dahulu hal yang belom terjadi. (Lihat Ushul al-Kafi).
Perbedaan lain juga pada rukun Imam. Rukun Imam bagi Syiah ada 5 yaitu 1). Tauhid, 2). Keadilan Tuhan, 3). Kenabian, 4). Imamah, 5). al-Ma'ad (Hari kebangkitan). Hal ini sangat berbeda sekali dengan Sunni, mereka tidak menyebutkan adanya Malaikat, Kitab-kitab dan Qada' dan Qadar. Lebih lagi bahwa Syiah menganggap bahwa para Sahabat Rasul yaitu Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Mua'woyah, Aishah, Hafsah, Hindun, dan Umamul Hakim adalah makhluk yang paling jelek serta musuh-musuh Allah. ( Lihat al-Majlisi, Haqqul Yakin).
Perbedaan-perbedaan sangatlah banyak, namun diatas adalah contoh segelintir dari perbedaannya. Sudah sangatlah jelas bahwa Syiah tidak bisa dikatakan Islam. Karena sudah memiliki perbedaan jauh dengan konsepsi Islam sendiri (Ahlussunnah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar